body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Sunday 17 May 2015

Kerajaan Semut

Kerajaan Semut


            Pada waktu itu di sebuah pohon hiduplah sekelompok semut yang selalu mencari makanan untuk  kebutuhan kelak pada musim kemarau yang akan datang.Kerajaan semut dipimpin oleh Raja Ganda.Dia Memimpin pasukannya dan  membagi beberapa kelompok untuk berpencar mencari makanan.Dan salah satu semut bernama Berry,Dia tengah sendirian mencari makanan.Disela itu ia meliahat laba- laba dengan sebuah tongkat ingin datang ke Kerajaan Semut.Laba – laba tersebut terlihat kesal sekali.Akhirnya Si berry pergi mencari Raja Ganda untuk
memberitahu tentang masalah ini.Setelah itu dia bertemu dengan Raja Ganda dan memberitahukan tentang masalah ini.Dan Raja Ganda memberitahukan pada kelompok yang mencari makanan untuk segera bergegas pulang dan sedang merencanakan siasat cadangan.Setelah beberapa jam Pasukan Laba – laba tiba di Kerajaan Semut dan berteriak

           Laba                :”Hai Ganda keluarlah,aku ingin bertemu denganmu…cepat!!(Dengan ekspresi marah)
           Pengawal         :”Hai kamu siapa,kok datang – datang langsung bereriak!!!
           Laba                :”Ha…..Kalian tidak kenal dengan aku ya,Aku Raja Sukron dari dari Kerajaan seberang”.
           Pengawal         :”Ow…Loitu bukan  namanya jenis makanan snack to”.
           Laba                :”Kalian ini ngeledek sama saya,itu namanya Sukro,nama saya tu belakangnya ada huruf tambahan “n”.Ow kalian ini tidak pernah sekolah ya”.
           Pengawal         :”Memang…saya sejak kecil tidak pernah sekolah,Apalagi boro – boro sekolah,cari makan aja susah”.
          Laba                :”Walach…(sambil mengasihkan sedikit uang ke Pengawal)..
Pengawal         :”Terima kasih banyak pak Sukro…Eh…maaf  maksud saya pak Sukron,”
         Laba                :”Ya sama…loch dari tadi saya kok ngobrol dengan mu,kan saya niatnya mencari         Ganda,Wach….bisa habis waktu saya ngobrol denganmu.Cepat panggilkan Ganda,suruh dia datang disini”.
         Laba                :”Baiklah,saya akan panggilkan dia”
            Pengawal itu langsung menemui Raja dan menyampaikan  pesan,Raja Ganda anda di cari oleh Raja Sukron dari negeri seberang,Akhirnya Raja Ganda menemuinnya.Tak di sangka ternyata Raja Sukron adalah  paman Raja Ganda yang selama ini ia cari.

          Raja Ganda     :”Hai paman,lama tak jumpa,bagaimana kabar paman sekarang?”
          Raja Sukron    :”Ya beginilah ger keadaan paman sekarang,kamu masih ingat dengan say a ger,mengkipun beberapa tahun ndak ketemu dan baru ketemu sekarang”.
          Raja Ganda     :”Ya paman,gara – gara dulu kerajaan ayah  ketika masih diserang oleh pemberontak,akhirnya para keluarga ayah semua berpencara gara – gara pertempuran itu”.
          Raja Sukron    :”Ia ger,paman sampek kualahan menghadapi mereka yang begitu banyak menyerang kerajaan ayah  kamu.
         Raja Ganda     :”Ya,begitulah paman namanya kerajaan pastilah semua orang menginginkan;nya,Mari paman masuk kedalam dari tadi kita ngobrol  luar gk enak,Gak ad makananannya di luar sini,mari paman…
         Raja Sukron    :”Iya…tahuaja kamu kalau paman ini lagi lapar”.
            Kemudian mereka masuk ke dalam  kerajaan,untuk pergi ketaman waktu masuk tak di sangka Raja Sukron melihat sesuatu yang indah dan menarik perhatiaannya.Dan yang dilihat adalah  patungnya yang sangat megah (sambil ketawa terbahak – bahak).Setelah sampai di taman,mereka melanjutkan pembicaraan dan dihidangkanlah makanan tersebut.Dan Raja Ganda menyuruh pasukannya untuk bekerja kembali.

        Raja Sukron    :”Gimana kabar ayah kamu dan bundamu sekarang,Ganda!!!
        Raja Ganda     :”Ya,begitulah  Paman,Setelah kejadian dulu ayah dan ibunda aku meninggal akibat pertempuran tersebut,mereka Rela Mati demi kemakmuran rakyatnya”.
        Raja Sukron    :”Ya semenjak kejadian itu paman juga menjadi seorang yang lemahtak berdaya akibat mengikuti ;perang tersebut,Ow… ya sejak kapan kamu mendirikan kerajaan semut ini,ganda”.
        Raja Ganda     :”Sejak saya menikahi anak dari Raja ini,paman,ya baru sekitar 5 tahun saya menjadi raja,disini”.
        Raja Sukron    :”Ow…omong mana anak dan istrimu”.
        Raja Ganda     :”Lagi BBM mungkin,paman”.
        Raja Sukron    :”Apa itu BBM,Belum lama kamu jadi raja,ternyata sudah bisa belajar bahasa Gaul juga ya..”
        Raja Ganda     :”Ya,Belajar Bersama Memasak,bisa untuk menjadi istri yang sesuai dengan keinginan suami lach”.
        Raja Sukron    :”Wach pandai sekali istri kamu,paman aja kalah dengan kamu.Istri paman aja ndak pernahsama sekali memasak masakan untuk paman,apalagi menyuapi paman ndak pernah sama sekali malahan”.
        Raja Ganda     :”Walach…masak kayak gitu banget paman,semenjak saya menikahi anak Raja ini,istriku menjadi bersemangat untuk membuat hati saya menjadi senang”.
        Raja Sukron    :”Ow…wach saya cemburu dengan keluargamu,Omong – omong paman boleh makan ini tidak Da,paman soalnya sudah lapar”.
        Raja Ganda     :”Ya paman mari makan,sampai lupa saya”.(Sambil berbicara)
            (Sambil menceritakan pengalaman dan kehidupan kerajaan masing –masing).Akhirnya tak lama kemudiqnn.Raja Sukron merasa ingin membantu mendirikan Kerajaan Semut,Tapi bagaimana tanggapan dari sang Raja Ganda:
       Raja Sukron    :”Hai Ganda,bagaimana kalau aku membantu kamu untuk mengembangkan Kerajaanmu ini”.
       Raja Ganda     :”Ya paman saya setuju,saya ingin memperjuangkan Kerajaan ini dari sekutu”.
       Raja Sukron    :”Baiklah kalau gitu,saua akan mendukung keinginsnmu,dan kita bekerja sama demi Kejaraan kita masing – masing”
            
          Akhirnya mereka berdua bekerja sama dalam hal Perdagangan,Ekonomi dam Strategi.Memjelang 5 tahun,mereka mulai berperang melawan penjajah dan kelompok pemberontak.Lama kelamaan wilayah Raja Ganda semakin luas.Dan pada akhirnya mereka hertemu dengan musuh lama mereka.Dan pertempuran itu tidak bisa di hindari.Kerajaan yang dulu direbut oleh musuh kini telah berpindah tangan ke Raja Ganda.Pertempuran sengit ini akhirnya dimenangkan oleh Raja Ganda,Mereka berhasil memukul mundur musuh mereka dari Kerajaan mereka yang dulu direbut oleh musuh.Kini lengkap sudah keluarga Raja Ganda.Akhirnya Kerajaan Semut berkembang dengn pesat.

           Mungkin ini saja yang bisa saya sajikan untuk para pembaca.Meskipun cerpen Kerajaan Semut ini hanya sekilas saja,tapi ini mungkin bisa menambah pengetahuan anda.Saya disini sebagai Cerpenis hanya bisa berbagi pengalaman aja untuk kalian para pembaca.Kritik dan Saran dari kalian sangat membantu untuk mengembangkan cerpen ini.Bila ada kata atau tulisan yang kurang jelas saya sebagai cerpenis minta maaf.Jangan lupa berpaling dari blog ini,masih banyak lagi cerpen yang lain yang lebih menarik lagi.Sekian terima Kasih…


Cerpenis          : Dharma Eka A
Facebook        :Dharma Gedieed
Twitter             :@darmaekaatyana
E-mail              : darmaekaatyana@gmail.com

No comments:

Post a Comment